Arah Kebijakan

Visi         : “Kuningan MAJU (Ma’mur, Agamis, Pinunjul) Berbasis Desa Tahun 2023”
Misi III : Mewujudkan manajemen layanan pendidikan, kesehatan yang merata, adil, berkualitas dan berkelanjutan dalam menciptakan sumberdaya manusia yang Santana, Basajan, Santika dan Unggul

Tujuan

Sasaran

Strategi

Arah Kebijakan

T1.Peningkatan Akses dan Kualitas Pendidikan Anak Usia Dini Meningkatnya angka partisipasi peserta didik PAUD APK PAUD usia 3-6 tahun sekurang-kurangnya 68,4% Meningkatkan akses PAUD

Meningkatnya mutu layanan PAUD Jumlah lembaga PAUD terakreditasi sebanyak 786 lembaga Meningkatkan kualitas layanan PAUD

Meningkatkan koordinasi layanan pendidikan dan pengembangan anak usia dini dan memperkuat peran Bunda PAUD seluruh Kecamatan, organisasi masyarakat dan keagamaan pegiat PAUD dan organisasi profesi
T2.Perluasan Akses Pendidikan Dasar yang Berkualitas Meningkatnya angka partisipasi penduduk usia pendidikan dasar (7-15 tahun), yaitu Angka Partisipasi Murni (APM) SD/ SDLB APK SD Paket A sekurang-kurangnya 100,19% Melanjutkan upaya untuk memenuhi hak seluruh penduduk mendapatkan layanan pendidikan dasar berkualitas
    APM SD sekurang-kurangnya 98,78%  
    APK SMP Paket B sekurang-kurangnya 90,77%  
 

 

 

 

 

APM SMP sekurang-kurangnya 73,72%  
    Rasio APK SMP/ SMPLB antara 20% penduduk termiskin dan 20% penduduk terkaya sebesar 0,9  
T3.Peningkatan Kualitas dan Kapasitas Pendidikan Masyarakat

Menurunnya penduduk melek huruf usia dewasa di atas 15 tahun

 

Angka melek aksara penduduk usia dewasa di atas 15 tahun sekurang-kurangnya 98,79% Meningkatkan kualitas pendidikan keaksaraan
  Meningkatkan program kursus dan pelatihan yang menerapkan KKNI Persentase program kursus dan pelatihan yang telah menerapkan KKNI sebanyak 50% Meningkatkan akses terhadap layanan pendidikan dan pelatihan keterampilan
  Meningkatnya jumlah lembaga/ satuan pendidikan masyarakat yang menyelenggarakan pendidikan keluarga Jumlah lembaga/ satuan pendidikan masyarakat yang menyelenggarakan pendidikan orang tua/ keluarga meningkat Meningkatkan akses dan kualitas layanan pendidikan orang tua/ keluarga serta memperkuat peran orang tua, baik di sekolah maupun di rumah
  Jumlah orang dewasa mengikuti pendidikan keluarga meningkat  
T4.Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Dasar yang Berorientasi pada Pembentukan Karakter Meningkatnya mutu lulusan pendidikan dasar Rata-rata nilai ujian sekolah SD minimal 6,5 Penguatan jaminan kualitas pelayanan pendidikan
    Rata-rata nilai ujian nasional SMP minimal 6,5 Penataan kembali kurikulum
  Meningkatnya karakter/ perilaku positif pada siswa pendidikan dasar Rata-rata nilai sikap jujur dan bersahaja siswa SD/ SMP minimal baik Memperkuat sistem penilaian pendidikan yang komprehensif
  Meningkatnya mutu layanan pendidikan dasar Persentase SD berakreditasi minimal B sekurang-kurangnya sebanyak 84,2%  

 

 

 

 

  Persentase SD yang memenuhi SPM sebanyak 61%, Persentase SMP memenuhi SPM sebanyak 75%  
    Persentase SMP berakreditasi minimal B sekurang-kurangnya sebanyak 81%  
T5.Peningkatan Kualifikasi dan Profesionalisme, Pemerataan Distribusi serta Kesejahteraan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Meningkatnya jumlah guru dan tendik PAUD dan Dikmas profesional

Jumlah PTK PAUD profesional minimal sebanyak 37%

 

 

Meningkatkan profesionalisme, kualitas, serta akuntabilitas guru dan tenaga kependidikan