| Visi : “Kuningan MAJU (Ma’mur, Agamis, Pinunjul) Berbasis Desa Tahun 2023” | |||
| Misi III : Mewujudkan manajemen layanan pendidikan, kesehatan yang merata, adil, berkualitas dan berkelanjutan dalam menciptakan sumberdaya manusia yang Santana, Basajan, Santika dan Unggul | |||
|
Tujuan |
Sasaran |
Strategi |
Arah Kebijakan |
| T1.Peningkatan Akses dan Kualitas Pendidikan Anak Usia Dini | Meningkatnya angka partisipasi peserta didik PAUD | APK PAUD usia 3-6 tahun sekurang-kurangnya 68,4% | Meningkatkan akses PAUD |
|
|
Meningkatnya mutu layanan PAUD | Jumlah lembaga PAUD terakreditasi sebanyak 786 lembaga | Meningkatkan kualitas layanan PAUD |
|
|
|
|
Meningkatkan koordinasi layanan pendidikan dan pengembangan anak usia dini dan memperkuat peran Bunda PAUD seluruh Kecamatan, organisasi masyarakat dan keagamaan pegiat PAUD dan organisasi profesi |
| T2.Perluasan Akses Pendidikan Dasar yang Berkualitas | Meningkatnya angka partisipasi penduduk usia pendidikan dasar (7-15 tahun), yaitu Angka Partisipasi Murni (APM) SD/ SDLB | APK SD Paket A sekurang-kurangnya 100,19% | Melanjutkan upaya untuk memenuhi hak seluruh penduduk mendapatkan layanan pendidikan dasar berkualitas |
| APM SD sekurang-kurangnya 98,78% | |||
| APK SMP Paket B sekurang-kurangnya 90,77% | |||
|
|
APM SMP sekurang-kurangnya 73,72% | ||
| Rasio APK SMP/ SMPLB antara 20% penduduk termiskin dan 20% penduduk terkaya sebesar 0,9 | |||
| T3.Peningkatan Kualitas dan Kapasitas Pendidikan Masyarakat |
Menurunnya penduduk melek huruf usia dewasa di atas 15 tahun
|
Angka melek aksara penduduk usia dewasa di atas 15 tahun sekurang-kurangnya 98,79% | Meningkatkan kualitas pendidikan keaksaraan |
| Meningkatkan program kursus dan pelatihan yang menerapkan KKNI | Persentase program kursus dan pelatihan yang telah menerapkan KKNI sebanyak 50% | Meningkatkan akses terhadap layanan pendidikan dan pelatihan keterampilan | |
| Meningkatnya jumlah lembaga/ satuan pendidikan masyarakat yang menyelenggarakan pendidikan keluarga | Jumlah lembaga/ satuan pendidikan masyarakat yang menyelenggarakan pendidikan orang tua/ keluarga meningkat | Meningkatkan akses dan kualitas layanan pendidikan orang tua/ keluarga serta memperkuat peran orang tua, baik di sekolah maupun di rumah | |
| Jumlah orang dewasa mengikuti pendidikan keluarga meningkat | |||
| T4.Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Dasar yang Berorientasi pada Pembentukan Karakter | Meningkatnya mutu lulusan pendidikan dasar | Rata-rata nilai ujian sekolah SD minimal 6,5 | Penguatan jaminan kualitas pelayanan pendidikan |
| Rata-rata nilai ujian nasional SMP minimal 6,5 | Penataan kembali kurikulum | ||
| Meningkatnya karakter/ perilaku positif pada siswa pendidikan dasar | Rata-rata nilai sikap jujur dan bersahaja siswa SD/ SMP minimal baik | Memperkuat sistem penilaian pendidikan yang komprehensif | |
| Meningkatnya mutu layanan pendidikan dasar | Persentase SD berakreditasi minimal B sekurang-kurangnya sebanyak 84,2% | ||
|
|
Persentase SD yang memenuhi SPM sebanyak 61%, Persentase SMP memenuhi SPM sebanyak 75% | ||
| Persentase SMP berakreditasi minimal B sekurang-kurangnya sebanyak 81% | |||
| T5.Peningkatan Kualifikasi dan Profesionalisme, Pemerataan Distribusi serta Kesejahteraan Pendidik dan Tenaga Kependidikan | Meningkatnya jumlah guru dan tendik PAUD dan Dikmas profesional |
Jumlah PTK PAUD profesional minimal sebanyak 37%
|
Meningkatkan profesionalisme, kualitas, serta akuntabilitas guru dan tenaga kependidikan |