PASKAB: MENGGALI DAN MELESTARIKAN SENI BUDAYA DAERAH

Meningkatkan mutu pembelajaran siswa harus tetap dilakukan walaupun sedang dalam masa pandemi COVID-19. Seperti hal nya kegiatan Lomba Apresiasi Bahasa, Sastra dan Seni Daerah (PASKAB) SD/ MI, SMP/ MTs, Tingkat Kabupaten Kuningan yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan di Aula Disdikbud dari tanggal 27-28 Agustus 2020. PASKAB tersebut diikuti oleh peserta putra dan putri jenjang SD dan SMP via aplikasi zoom.

Ada 4 cabang yang dilombakan yaitu cabang pupuh, cabang biantara, cabang maca sajak dan cabang ngadongeng. PASKAB kali ini pun mencetak putra-putri berprestasi baik jenjang SD dan SMP. Untuk cabang ngadongeng putra jenjang SD juara I diraih oleh Akhdan F. dari SDN 2 Purwawinangun dan dari peserta putri juara I diraih oleh Aulia C.D dari SDN 1 Sumberjaya Kecamatan Ciwaru. Cabang Biantara putra jenjang SD juara I diraih oleh Muhammad Rifki Hanirwan dari SDN 2 Manis kidul dan dari peserta putri juara I diraih oleh Nida K.H dari SDN 1 Bojong Kecamatan Cilimus. Cabang pupuh putra jenjang SD juara I diraih oleh Mochamad Alghifari dari SDN 1 Cibeureum dan dari peserta putri juara I diraih oleh Naila Desya Pratiwi. Cabang maca sajak putra jenjang SD juara I diraih oleh Alfin Hanif A. dari SDN 1 Ciawigebang dan dari peserta putri juara I diraih oleh Syifanna D. dari SDN 2 Bojong Kecamatan Cilimus. Untuk jenjang SMP, cabang pupuh putra juara I diraih oleh Tyo Regan P. dari SMPN 1 Kuningan dan dari peserta putri juara I diraih oleh Ana Dwi Kania dari SMPN 1 Kadugede. Cabang Biantara jenjang SMP juara I putra diraih oleh Habsy Adiraja L. dari SMPN 1 Kuningan dan dari peserta putri juara I diraih oleh Puja Lestari dari SMPN 1 Ciwaru. Cabang maca sajak jenjang SMP putra diraih oleh Alifio Rahman dari SMPN 7 Kuningan dan dari peserta putri juara I diraih oleh Sahara W.V dari SMPN 2 Kramatmulya.Cabang ngadongeng jenjang SMP putra diraih oleh Ahmad Rasyid R. M dari SMPN 1 Cidahu dan dari peserta putri juara I diraih oleh Vinara Permata S. dari SMPN 3 Kuningan.

PASKAB merupakan acara rutin tahunan yang bertujuan untuk membina dan meningkatkan kreativitas peserta didik dalam bidang seni dan sastra khususnya terhadap nilai-nilai tradisi yang berakar pada budaya daerah. Melalui PASKAB juga diharapkan dapat mengembangkan sikap kompetitif dalam diri peserta didik yang berwawasan global. ''Hendaknya kegiatan ini menjadi landasan dalam menata kehidupan dari segi seni dan budaya terutama bagi para siswa'', ungkap Kepala Bidang Kebudayaan Emup Muplihudin, S.Pd saat memimpin apel sekaligus menyerahkan piala kepada siswa-siswi yang telah menorehkan prestasi tersebut. (red-program)